Selasa, 06 Maret 2012

Honda CB100


Surabaya tahun 1979
ada seorang pemuda, namanya ya nama tak namain Budi (standar banget hahaha). Budi adalah tipe pemuda kebayankayan pas jamannya, setelah SMA dan Kuliah naek Yamaha V50 bekbek bebek yang dibeliin papa-nya. Budi sekarang yang baru dapet kerja pingin level up, naik motor laki (tepatnya tipe Stockbike), terus Budi dateng ke Showroom Honda (soalnya kata temen2 sekantornya Honda itu irit - note : rumah inceran Budi jauh dari rumah dan kantor Budi). Awalnya Budi tertarik pada 3 model motor laki : Honda GL100 (yang populer pas jaman itu), Honda CB100 yang katanya baguss, dan Honda CG110 yang harganya murah. Manakah yang dipilih Budi. Ternyata Budi memilih Honda CG110 karena CC-nya lebih gede dari CB100, dan harganya jauhh lebih murah dari GL100 - bahkan masa itu katanya harga CB100 lebih mahal. Kok isa? ga tau lagi, kata Budi sekarang yang udah pensiunan harga CG110 pas itu Cash-nya cuma 600rbu rupeah.

Blogger 2011 - sebulan lagi 2012
Nah kalau andakaita Budi memilih Honda CB100, paling ga kalau dirawat dengan baik sampe sekarang. Harga jualnya sebagai motor antik mungkin sama dengan Honda Supra X 125 Injeksi keluaran 2010. Beneran, orang CB100 modifan yang mesinnya pake mesin Mega-Pro ama Knalpot tiger aja laku 5 jutaan, apalagi yang ori, bener ga? Lagipula Honda CB ini harganya merata kok diseluruh Indonesia - maaf beda amaRX-King yang di Jogja, Medan, Pontianak tinggi di Jakarta jeblok harganya. Apa sih yang membuat CB100 begitu disukai orang2 dari dulu sampe sekarang.


Ceritanya Honda CB pertama masuk di Indonesia dimasukin oleh AHM yang dulu pake nama Federal Motor tahun 1970. CB100 itu seri K0. Sebetulnya Seri CB bukan Hanya CB100 aja, ada CB125, CB175, dan paling gede CB200 yang termasuk ngkong nya Honda Tiger. Tapi konon Honda CB100lah yang disukai sampe sekarang. Apa sih keistimewaan leken ini?
Nah perhatikan aja speknya :

Engine and transmission
Kapasitas mesin :99ccm
Tipe Mesin1 silinder 4 tak
Tenaga11,5 Hp @ 10.500rpm
Kecepatan Max110.0 km/jam
Kompresi9.5:1
Bore x Stroke50.5 x 49.5 mm (2.0 x 1.9 inches)
Valve per cylinder:2
PengapianPlatina
Pendingin MesinUdara
Transmisi5-speed
Tipe TransmisiChain
Chassis, suspension, brakes and wheels
Ukuran Ban Depan2.50-18
Ukuran Ban belakang2.75-18
Rem depanTeromol
Rem belakangTeromol
Physical measures and capacities
Berat Kosong92.0 kg
Kapasitas Tangki10.00 liter






























Spesifikasi copas dari : http://www.bikez.com/motorcycles/honda_cb_100_1973.php

nah perhatikan aja, dengan mesin 100CC yang irit bensinnya, larinya boros, bisa ngebut sampe 110km/jam dan tenaganya 11Hp lebih sedikit yang berati kurang lebih sama ama Honda MegaPro (ingat teman2 ini tahun 70-an sampai 80-an awal). Kesaktiannya yang kedua adalah motor ini kalau mesinnya masih baik bisa digas sampe 110km/jam. Sen cing (gila) bener, mungkin Honda CB ini blok mesinnya asli Jepang kale ya, kok bisa sebaik itu performanya.

O ya kembali ke generasi CB K0-K1-K2-dan K3 (sebetulnya ada K4 tapi CB100 K4 ga masuk Indonesia).

CB100 K0 itu keluaran 1970-1971 (mungkin di Jepang ini motor di launching tahun 1968-an). Ciri-ciri CB K0 adalah tutup tangki yang berada di depan, tutup sok belakang sama dengan warna body, fendernya warna krom, ada striping garis putih di tangki, dan no serinya CB100-100001

Honda CB100 K0
CB100 K1 itu keluaran 1971-972. Ciri-ciri leken ini adalah... tangki bawah warna putih, fender warnnya (tetap) krom, batok lampu, tutup sok belakang dan tutup sok depan sama dengan warna body, ada warna krom di jok-nya. Dan nomer serinya mulai dari CB100-CB200001

Honda CB100 K1
CB100 K2 keluaran 1972-1975 ciri2nya adalahhh warna orinya cuma 2, Putih merah dan putih biru. Tutup sok depan belakang, dan batok lampu warnanya item, dan No serial mulai dari CB100-1200001

Honda CB100 K2
CB100 K3 keluaran tahun 1976-1981/1982 di Indo ciri-cirinya adalah... kalau di seri sebelumnya Honda CB100 di tangkinya ada logo sayap buntungnya Honda, di CB100 K3, logo tersebut diganti striping garis dan tulisan Honda.

Honda CB100 K3
CB100 K4 nah inilah CB100 yang ga masuk Indonesia, ciri-cirinya adalah... modelnya mirip dengan GL100 - mungkin di keluarin bareng GL100, bedanya GL Series adalah penerus CB Series yang sudah pake pengapian CDI sedangkan yang namanya Honda CB itu masi pake platina (standarnya)

Bagi yang mau merestorasi CB100, dari ngobok-ngobok Mr.Google akhirnya ketemu

Yah itu tadi sejarah motor legendaris Honda CB100, motor yang selama 10 tahun di Indonesia (tahun 1971-1981 laku 600 ribu unit, tolong jangan dibandingin ama Yamaha Mio yang setaun aja laku 5juta unit - zaman dulu ga semua orang punya motor bro. Angka 600ribu menurut para sesepuh konoha itu sudah banyak hahahaha. O ya CB itu singkatan apa ya, entahlah ada yang bilang itu City Bike, ada yang bilang Commuter Bike atau yang lainnya. Menurut kamu, apa singkatan CB itu???

Sumber : http://arieskaspersky.blogspot.com

Tidak ada komentar:

Posting Komentar